skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

Piano Pedagogy – Bentuk jari yang benar (Rounded Hand Shape)

Bentuk jari yang benar adalah hal penting pada teknik bermain piano. Di sekolah musik Duta Nada,  jari harus “bulat” dalam arti ujung jari yang dipergunakan untuk menyentuh tuts piano.  Kita juga menyebutnya “Rounded Hand Shape”.  Biasanya murid akan membutuhkan beberapa kali peringatan supaya hal ini menyebabkan kebiasaan yang baik (good habit), tetapi begitu proses berlangsung dengan baik, murid akan mendapatkan proses belajar yang baik.

 

kursus-pianoKita sering menjumpai murid yang telah mempunyai kebiasaan buruk sebelumnya, dimana guru/sekolah musik tidak pernah mengajarkan bentuk jari yang benar. Apabila hal ini telah merupakan kebiasaan buruk (bad habit) dari murid, membetulkan akan menjadi suatu proses yang lama, bahkan merupakan buang waktu. Akan lebih mudah mengajari murid yang belum pernah belajar piano, daripada mengajar anak yang telah mempunyai kebiasaan jari yang salah. Maka itu, orangtua murid harus sangat berhati-hati untuk memilih guru/sekolah musik yang kompeten.

 

Sekolah musik Duta Nada (music school) memastikan semua murid harus mempunyai bentuk jari yang benar yang mana merupakan pra-syarat dari teknik bermain piano.

 

Back To Top