skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

Bagaimana Menggunakan Kode Musik untuk Mempercepat Membaca Notasi Not Balok (video)

Kode musik (music code) dapat digunakan untuk mempercepat membaca notasi not balok  kepada murid. Cara sederhana ini hanya menggunakan 7abjad; huruf A sampai G.

 

Brandie Suchevich (guru musik) memberikan cara mudah dan sederhana untuk membantu para guru dan orangtua murid membimbing murid/anak supaya dapat membaca notasi not balok dengan cepat menggunakan kode musik (music code).

 

membaca notasi not balok dengan music codeUntuk memulainya, anda dapat menggunakan white board berukuran 40x20cm atau kertas kosong A4 dan spidol. Kode musik adalah rangkaian kata dengan menggunakan abjad A-G.  Sebagai contoh, anda membuat kalimat “I have a mom and …..”. Mintalah murid untuk mengisi titik-titik tersebut.  Jawabannya adalah tentunya DAD.

 

Anda juga dapat membuat variasi lebih lanjut. Sebagai contoh kalimat: “I looked at my face in the mirror, F A C E -> atau “I put my book in the bag, B A G.  Pada white board atau kertas kosong, kalimat tersebut anda kombinasikan dengan garis birama (staff), yaitu lima garis lurus untuk menulis notasi not balok.  Latihan ini dapat ditingkatkan pada kalimat dan kata yang lebih kompleks, sehingga kode musik menjadi lebih panjang dan kompleks (mempunyai huruf lebih banyak).

 

Cara ini tentunya ditujukan bagi murid/anak yang dapat berbicara dan menulis bahasa Inggris dengan baik. Seperti yang kita ketahui, cukup banyak murid yang sekolah di national plus school, sehingga bahasa Inggris bukanlah sebuah halangan besar untuk dapat me-implementasikan cara kode musik ini.  Untuk mendapatkan detilnya, anda dapat melihat videonya.

 

[embed_video link=https://www.youtube.com/watch?v=r9B1LjeXigU]
Back To Top