skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

3 Elemen Penting Belajar Musik

Dari lebih satu dekade, kami melihat ada murid-murid yang sukses dalam belajar musik dan ada yang gagal.  Penilaian sukses mengacu apabila murid dapat menyelesaikan minimum grade 5 ABRSM, atau bahkan meraih grade 8.  

Dari tahun ke tahun, kami melihat ada 3 elemen penting belajar musik, pra-syarat bagi suksesnya anak belajar musik. Apakah itu:

Elemen Penting Belajar Musik

 

3 elemen tersebut adalah:

  • Kemauan Belajar dari Individu (murid).
  • Latihan musik secara reguler – min 3x seminggu
  • Dukungan orang tua murid – parents’ support

 

Ternyata ketiganya harus ada. Apabila hanya ada 2, marilah kita lihat situasinya:

  • Kemauan Belajar dan Latihan Musik secara reguler –-> kelihatannya memenuhi syarat untuk berhasil. Namun harus diingat, anak biasanya masih mempunyai umur muda sewaktu belajar musik. Tanpa adanya dukungan orangtua (parents’ support), anak bisa malas setiap saat, apalagi menemui kesulitan di tengah belajarnya.
  • Kemauan Belajar dan Parents’ support –> tanpa adanya latihan reguler, kemajuan akan lambat.  Kami mempunyai murid dimana murid ingin bisa bermain musik disertai dukungan orang tua murid, namun tidak pernah latihan di rumah. Hal ini akan membuat kemajuan belajar sangat lambat.
  • Latihan musik reguler dan Parents’ support –-> Ada yang berlatih musik dirumah disertai dukungan orang tua murid. Namun karena kemauan pribadi kurang kuat, latihan di rumah asal-asalan, tidak sesuai dengan permintaan guru.  Asal kelihatan latihan saja oleh orangtua murid.  Hal ini juga membuat kemajuan sangat lambat.

 

Nah, anda sekarang tahu kan. SUKSES belajar murid wajib ada 3 elemen. Yaitu parents’ support, kemauan pribadi dari anak dan disertai oleh latihan yang reguler.  Pastikan tiga elemen ini hadir pada anak-anak anda semasa umur muda dan pasti mereka akan sukses di belajar musik.

 

Back To Top