skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

Bakat VS Kemauan

Beberapa bulan lalu saya menemukan seorang murid yang mempunyai bakat cukup baik dan telah mencapai Grade 6.Murid ini mempunyai semua faktor untuk sukses belajar musik, yaitu: sebuah piano, mempunyai “BAKAT”, dan dukungan orang tua secara financial untuk terus melanjutkan belajar musik.

 

bakat_kemauanSemua hal POSITIF diatas ternyata hilang sirna karena anak ini TIDAK mempunyai “KEMAUAN” untuk belajar.Dari bulan ke bulan, kemajuan belajarnya amat lambat sekali, karena tidak/kurang latihan dirumah. Selain itu, anak ini sering bolos dan selalu terlambat datang ke kelas.Karena dia telah di jenjang pendidikan SMA, orang tua murid sulit untuk menasehatinya dan pada akhirnya, anak ini menyerah dan mundur dari belajar musiknya.

 

Dari kejadian ini saya merenung, ternyata “KEMAUAN” lebih penting daripada “BAKAT”.Saya telah melihat banyak kejadian orang yang mempunyai Kemauan yang kuat, selalu dapat mengalahkan orang yang Berbakat(tetapi tidak mempunyai kemauan).

 

Nah, bagaimana dengan pendapat Anda? Apakah anak anda mempunyai BAKAT lebih, atau Kemauan yang Keras? Atau… keduanya? Tentunya sebagai orang tua, kita ingin kedua duanya. Anak yang berbakat dan mempunyai kemauan yang tinggi.

 

Bagaimana apabila anda harus memilih? Karena di dunia ini biasanya sulit untuk mendapatkan semuanya?

Apabilasaya harus memilih, saya ingin mempunyai anak yang mempunyai KEMAUAN lebih tinggi dan mempunyai BAKAT yang sedang/biasa2 saja.Karena saya percaya, dengan KEMAUAN yang tinggi, semua tantangan dapat dilewati, tetapi tidak dengan BAKAT.

 

Anda tidak setuju dan masih penasaran? Coba lihat sekeliling teman2 kantor atau teman SMA anda. Apakah yang sukses adalah orang2 yang mempunyai Bakat/kepandaian tinggi? Saya kira jawabnya tidak. Biasanya orang yang sukses adalah orang yang lebih mempunyai KEMAUAN yang tinggi daripada sekedar bakat. Maka itu, dalam belajar musik, jangan pikirkan apakah anak kita mempunyai bakat atau tidak. Yang penting, bagaimana kita secara terus menerus memelihara “KEMAUAN” yang kuat pada diri anak kita untuk terus menempuh proses belajar musik.

 

Saya harap contoh diatas dapat memberikan inspirasi bersama untuk terus memelihara kemauan yang kuat kepada anak didalam belajar dan melakukan sesuatu disegala bidang.

 

written by: Kurnia Kwik

Back To Top