skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

Kurikulum – Tonggak Sukses dari Pendidikan Musik

 

Kualitas sekolah musik tidak hanya diukur oleh kompetensi dari guru-gurunya saja, tetapi juga oleh kurikulum yang diadaptasinya.  Kurikukum merupakan peta proses pendidikan yang harus diajarkan kepada murid oleh semua guru. Maka itu, kurikukum bisa disebut sebagai elemen yang sangat penting pada kualitas dan suksesnya sebuah pendidikan.

 

curriculumSekolah musik DutaNada dari waktu ke waktu, selalu me-update kurikukum, konsisten dengan tingkat kesulitan ujian ABRSM/Royal.  Untuk buku ujian periode 2011-2012, DutaNada merombak sebagian besar kurikukum yang ada.

 

Dimulai grade 3, Sekolah Musik Duta Nada membagi repertoirenya menjadi beberapa bagian yang mengharuskan murid untuk belajar di beberapa jaman klasik sbb:

 

1. Jaman Baroque (1600-1700)
Jaman Baroque adalah musik klasik di tahun 1600-1700 sesudah jaman Renaisans. Arti kata Baroque adalah “mutiara yang berbentuk tidak wajar” sangat pas dengan seni dan perancangan pada bangunan pada saat itu. Komponis yg terkenal pada jaman ini adalah Johan Sebastian Bach, Henry Purcell, Antonio Vivaldi. Ciri musik Baroque adalah tidak adanya iringan atau polifoni. Apabila kita melihat karya Bach, sangat nyata adanya 2 melodi yang bersautan satu dengan yang lain. Musik jenis ini mempunyai teknis yang tinggi dan biasanya dimainkan tanpa pedal.

 

2. Jaman Classic (1750-1820)
Jaman musik Classic dimulai 1750-1820 dan komposer yg terkenal diantaranya adalah: J Haydn, M. Clementi, Andrea Luchesi, Antonio Salieri, Mozart dan Beethoven. Ciri musik di jaman ini adalah:
a. peralihan dinamik (lembut ke keras atau sebaliknya).
b. perubahan tempo (lambat ke cepat atau sebaliknya).
c. pemakaian akord 3 nada.

 

3. Jaman Romantik (1780-1820)
Musik di jaman ini dikaitkan dengan sastra, seni dan filsafat. Komposer yang terkenal pada jaman ini adalah: F. Schubert, J. Strauss, Chopin, Schuman, Brahms, dan Mendelsohn.

 

4. Jaman Modern (abad 19 dan 20).
Pada jaman ini, musik tidak terpaku oleh hukum-hukum atau peraturan. Maka itu, ada beberapa jenis musik   dengan jenis  expresionist. Komposer pada jaman ini yang dikenal adalah: C. Debussy, M. Ravel, Bella Bartok. Jenis musik Jazz juga dikategorikan pada jaman ini.

Selain mempelajari 4 jaman musik tersebut, murid juga mempelajari ETUDE pilihan dari buku ABRSM yang dikatetorikan untuk melatih jari. Ada juga concert pieces/repertoire yaitu pieces yg biasanya dipakai utk konser.

 

Back To Top