skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

Ananda Sukarlan – Pentingnya Belajar Piano Klasik

Siapa yang tidak tahu Ananda Sukarlan? Beliau adalah seorang musikus klasik dari Indonesia yang namanya  telah mendunia.  Ia menjadi satu-satunya orang Indonesia dalam buku “The 2000 Outstanding Musicians of the 20th Century”, yang berisikan riwayat hidup 2000 orang yang dianggap berdedikasi pada dunia musik.

Beliau berkata bahwa belajar musik klasik sangat penting bagi orang yang ingin belajar musik genre lain (jazz, pop, dll).  Musik klasik memberikan fondasi yang kuat untuk teknik penjarian dan bagaimana membentuk suara yang diinginkan.  Di video bawah ini, ia memberikan contoh bagaimana jari dan pergelangan tangan dapat dilatih dengan belajar musik klasik.

Beberapa pemain instrumen jazz dan pop terkenal, mempunyai dasar musik klasik yang baik (contoh: Indra Lesmana dan Jubing Kristianto).  Apabila sekarang anda memasukkan putra/putri ke sekolah musik yang memberikan pelajaran musik klasik sebagai dasar kurikulumnya (seperti halnya Sekolah Musik Dutanada), tujuan anda tentu sudah benar.

Back To Top