skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

Apa Tujuan Belajar Musik

Suatu ketika saya bertemu dengan kawan yang lebih senior dan sudah mempunyai cucu. Karena mengetahui saya mengelola sekolah musik dia bertanya dimana cucunya dapat belajar musik.  Saya menanyakan instrumen yang akan dipilihnya.  Saya tidak dapat memberikan rekomendasi karena Sekolah Musik Dutanada hanya memberikan pelajaran instrumen piano, gitar dan vocal.

belajar musik dan gitarDia berkata: “Ah ini kan supaya dia asal bisa bermain musik saja. Mungkin keyboard saja yang murah ya” celutuknya. “Saya sendiri juga kurang tahu. Yang penting dia bisa main sajalah.” Sambungnya…

Meskipun saya cukup terkejut dengan jawaban yang polos ini, tetapi ada hal yang sangat penting dan mendasar ketika orangtua ingin memasukkan anaknya ke kursus musik.

Belajar musik bagi orang tua adalah memilih.  Apakah ingin memberikan ilmu “asal bisa main musik” atau ingin memberikan “belajar memainkan alat musik” dengan baik.  “Asal bisa main musik” biasanya ditawarkan oleh kursus2 musik tanpa kurikulum yang baik dan tahapan belajar tidak jelas.  Yang penting bagi mereka murid bisa memainkan alat musik dalam waktu yang singkat.

Cara karbit ini menghasilkan murid yang hanya mampu bermain lagu mudah, not nya satu- satu. Mereka juga tidak diajarkan membaca not balok. Pada awalnya terjadi kelihatan progres belajar, tapi begitu menginjak tahun ke 2, progres belajar akan hilang dan kemampuan murid hanya segitu-gitu aja.

Belajar musik yang benar biasanya ada tahapan sebagai berikut:

  • Belajar membaca dengan not balok
  • Diberi pelajaran – latihan pendengaran dan ketukan lagu.
  • Memainkan tangga nada dengan kunci  sesuai lagu yang dipelajari.
  • Belajar 4 jaman lagu – baroque, classic, romantic dan modern.
  • Mengikuti konser minimum 2-3x setahun.
  • Mengikuti ujian dengan standard yang jelas dan diakui International.
  • Didukung oleh guru guru yang kompeten dan bukannya guru abal-abal.

Apabila orangtua murid tidak memperhatikan hal-hal diatas, murid akan buang waktu dan uang selama belajar musik.  Karena anak kita masih kecil dan belum mengetahui alasan-alasan diatas, orangtua murid harus memilih.

Back To Top