skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

Belajar Musik di Usia Lanjut

Belajar musik di usia lanjut mempunyai tantangan yang cukup besar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu:  syaraf motorik yang sudah tidak responsif, kemauan belajar yang menurun dan ketidakmampuan berkonsentrasi dengan lama.

 

Tapi halangan diatas tentunya bukan halangan untuk belajar musik di usia lanjut tentunya. Karena dengan belajar musik, banyak sekali manfaat yang akan didapatkan….

 

belajar musik pada orang dewasaDi sekolah musik Dutanada, ada beberapa murid yang dapat dikategorikan belajar musik di usia lanjut. Bahkan ada seorang nenek berumur 65 tahun belajar vocal!

 

Bagi yang belajar instrumen musik seperti piano, umumnya mereka harus rajin berlatih untuk melenturkan otot-otot jari dan syaraf refleks.  Untuk buku belajar sebagai pemula, tidak disamakan dengan buku anak-anak. Tetapi kami memakai “accelerated learning for adult”. Dengan demikian belajar not balok tidak membosankan dan lagu-lagu  disesuaikan dengan genre orang dewasa.

 

Bagi murid umur dewasa, kami memberikan opsi apakah ingin ikut ujian ABRSM Royal atau tidak. Karena tidak semua murid dewasa mempunyai gol atau cita-cita untuk mendapatkan ijazah musik, meskipun ijazah tersebut mempunyai International Standard. Bagi mereka, belajar musik adalah “passion”.

 

Kami pernah mempunyai murid lanjut usia lelaki berumur 45 tahun. Dia adalah seorang eksekutif dari sebuah perusahaan yg cukup besar. Sebut saja nama dia pak Farhan.  Meskipun waktu yang sangat padat, tiap hari Sabtu pagi pak Farhan membagi waktu untuk belajar musik, bersamaan mengantar putra putrinya. Setidaknya dia terus belajar sampai dengan ekuivalen gr 3. Suatu prestasi yang patut diancungin jempol.

 

Pernah kami bertanya apa motivasi dia belajar musik pada usia lanjut? Sambil menengadah dia berkata bahwa musik membantu untuk menenangkan jiwanya. Dengan keadaan tenang, dia mampu untuk berpikir dengan baik membuat keputusan-keputusan yang penting bagi perusahaan. Selain itu, bermain musik bagaikan melakukan meditasi, selorohnya. Musik membuat pikiran dalam keadaan “alpha”, dimana keadaan alam pikiran rileks dan tenang tetapi tetap tajam., Nah disinilah konon kita sering mendapatkan ide-ide yang cemerlang.

 

Apabila kita telaah ternyata musik sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari yang dimana kita tidak pernah menyadarinya bukan? Apabila anda setuju, .mengapa tidak memulainya sekarang? Tidak ada kata terlambat bukan?

Back To Top