skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

Musik Klasik Itu Keren – by Ananda Sukarlan

Banyak yang percaya musik klasik itu membosankan dan sulit dimengerti. Hal ini biasanya terjadi dari pembicaraan mulut ke mulut atau hanya kebetulan mendengarkan lagu yang memang agak membosankan.   Apabila anda sekarang berpikir seperti itu, tunggu dulu! Karena tidak semuanya benar. 

Sudah terbukti musik klasik adalah musik dasar bagi semua musisi di genre lain. Apakah itu Jazz, Pop, atau aliran lainnya, biasanya musisi yang dapat bermain dengan apik / profesional pernah belajar musik klasik sebelumnya.  Ananda Sukarlan (komponis / pianis) mengatakan bahwa musik klasik itu keren dan dia lebih setuju mengatakan musik klasik = musik sastra.

Kata ‘klasik’ sering salah arti dimana artinya ‘jadul’ atau ‘out of date’.  Sebenarnya tidak demikian, karena banyak sekali komposer-komposer di abad 21 menulis lagu ber genre ini.  Disebut musik sastra karena musik ini harus dimainkan sesuai dengan partitur yang ditulis oleh komposernya.  Sehingga kita harus memainkan sesuai yang tertera di partitur, tidak dikurangi dan tidak ditambah.  Tidak seperti musik pop atau Jazz, cara permainan terus berubah sesuai dari pemain nya.

Untuk percaya bahwa musik klasik itu keren, simak video dari Ananda Sukarlan dibawah ini:

Back To Top