Belajar Musik Klasik dengan 4 Jaman Berbeda.

Seringkali orang berpikir bahwa belajar musik klasik sangat membosankan. Apalagi di jaman ini, anak-anak pada usia muda sangat jarang sekali telinganya dilatih untuk mendengar musik klasik oleh orangtuanya, padahal mestinya sangat berkelas.

Apabila Anda mempunyai cara berpikir seperti diatas serta enggan memasukkan ke sekolah musik putra/putri Anda untuk belajar musik klasik, tunggu dulu ya. Kami ingin memberikan penjelasan yang lebih akurat dan benar mengenai hal ini.

Classical music atau musik klasik sering di asosiasikan dengan musik kuno, dan sudah ber abad2 lamanya. Memang hal ini ada benarnya, tetapi hanya partial atau setengahnya. Yang benar adalah belajar musik klasik dibagi menjadi 4 jaman. Yaitu:

Jaman musik Barok pada tahun 1600 – 1750 dan pada saat itu komposer yang terkenal adalah Johann Sebastian Bach. Musik pada jaman ini mempunyai ciri polyphonic dimana melodi bersahut sahutan antara iringan serta melodi utamanya. Pada saat tersebut masih belum ada piano dan orang menggunakan hapsicord. Maka itu, lagu2 pada jaman tersebut tidak memakai teknik pedalling.

jaman musik klasik
dari kiri ke kanan
Mozard, Beethoven, Bach

Jaman musik Klasik pada tahun 1740-1830. Komposer yang terkenal pada jaman ini adalah Mozart dan Beethoven. Ciri musik pada saat ini:

Ciri Musik Pada Zaman Klasik:

  1. Menggunakan peralihan dinamik dari lembut sampai keras atau (cressendo)dan dari keras menjadi lembut(decrssendo).
  2. Perubahan-perubahan tempo dengan percepatan atau (accelerando) dan perlambatan(ritardando).
  3. Hiasan / ornamentik diperhemat pemakaiannya.
  4. Pemakaian akord 3 nada.

Jaman musik Romantik pada tahun 1815-1910. Komposer yang terkenal pada saat ini adalah Johan Straus, Chopin dan Brahms. Musik jaman Romantik dikaitkan dengan Gerakan Romantik pada sastra, seni, dan filsafat, walaupun pembatasan zaman yang digunakan dalam musikologi sekarang sangat berbeda dari pembatasan zaman ini dalam seni yang lain (yaitu 1780-an sampai dengan 1840-an).

Untuk jaman musik Modern terjadi di abad 20 dan 21 dan Anda tentu mengenal ciri musik ini. Hal ini termasuk musik Jazz dimana banyak sekali genre Jazz dimasukkan di ujian ABRSM Royal.

Di sekolah musik Dutanada, kami mengajarkan semua jaman musik diatas. Karena hal ini sudah menjadi kurikulum kami, dimana murid pada Grade 2, sudah memakai buku yang mana ada lagu-lagu dari jaman Barok, Klasik, Romantik dan Modern. Anak anda akan diajarkan juga sejarah musik serta komposer-komposernya dan dapat menganalisa lagu tersebut pada jaman yang mana.

Jadi, tidak akan bosan kan belajar musik klasik. Hal ini benar apabila anda memilih sekolah musik yang tepat.

Ingin tanya sesuatu? Hubungi dengan klik –>>no WA ini <–