Belajar Musik Otodidak. Apakah Bisa?

Bukan ide yang baik untuk belajar musik otodidak atau belajar sendiri. Karena belajar musik tanpa guru, jari  bisa salah bentuk serta posisi,  dan biasanya akan sulit untuk membaca not balok. Dengan belajar dengan guru musik, Anda akan dibimbing belajar musik ke arah yang benar.

Untuk dapat berkembang dengan baik, Anda harus dapat membaca skor music yang biasanya ada notasi not baloknya. Anda juga harus memahami keterampilan aural (ketajaman telinga), tangga nada (scales) dan membaca not secara langsung (sight reading). Tiga studi teknis ini hanya dapat dipelajari dengan bimbingan seorang guru, dan tidak bisa didapat dengan belajar musik otodidak.

Belajar musik otodidak memang dapat dilakukan. Tapi alangkah baiknya belajar musik dengan guru yang kompeten.

Belajar musik otodidak juga tidak dapat mempelajari musik klasik tahun 1600-1900, yaitu jaman Barok, Klasik, dan Romantik. Karena pada umumnya musik pada jaman tersebut ditulis dengan not balok.  Belajar musik otodidak juga akan sulit untuk mengikuti ujian ABRSM Royal, karena kandidat ujian harus dapat memainkan lagu pilihan 3 jaman (barok, klasik dan romantik), serta harus ada  guru yang mendaftarkannya sebagai sponsor.

Memulai  belajar music sendiri juga berarti jadwal Anda akan sangat sempit. Anda tidak dapat memiliki waktu luang untuk berlatih. Anda hanya akan memiliki sesi latihan untuk belajar sendiri hal-hal yang tidak penting.

belajar musik otodidak

Belajar musik otodidak juga tidak baik untuk Kesehatan, karena Anda cenderung akan kecapaian dan bosan. Dengan belajar otodidak, seseorang akan sering membuat kesalahan berlatih terlalu banyak. Jadi, belajarlah dengan seorang guru di sekolah musik yang bagus, terpercaya dan telah membuktikan murid-muridnya berhasil (sekolah musik Dutanada sebagai contohnya).

Memulai belajar musik sendiri juga ada bahayanya. Ini seperti menyelam tanpa jaket pelampung.  Anda akan tenggelam jika tidak menguasai diri dengan baik. Hanya belajar musik dari seorang guru yang berpengalaman, Anda akan belajar dengan benar dan baik.

5 Keuntungan Belajar Musik Dengan Guru

1. Ketika Anda memiliki guru, dia dapat membantu untuk memilih pelajaran dan mengarahkan yang benar.

2. Guru Anda akan menginstruksikan cara yang benar untuk belajar dan bermain musik.

3. Guru Anda akan memberi tahu Anda apa yang harus dan tidak seharusnya Anda pelajari sendiri.

4. Guru Anda akan mengajari Anda bermain bagus dan secara duet atau berpasangan.

5. Guru Anda akan memberikan pelajarn teknis seperti tangga nada, cara membaca notasi not balok secara cepat serta melatih pendengaran untuk mengenal not.

Mengapa Anda Perlu Belajar Musik Klasik yang tidak dapat dipelajari secara otodidak.

Musik klasik adalah musik  yang paling banyak digemari di dunia dan tidak dapat dipelajari secara belajar musik otodidak.  Musik klasik adalah jenis musik yang dianggap sebagai bahasa paling universal di dunia.

Musik klasik adalah cerita tentang cinta dan perasaan. Musik klasik dapat membuat Anda tenang, itu bisa membuat Anda menjadi semngat dan mudah belajar hal-hal baru.

Kesimpulan

Belajar musik otodidak dapat dilakukan, tetapi tidak akan baik untuk jangka panjang. Jika Anda mempelajari musik sendiri, Anda akan berpikir Anda tahu segalanya, dan hal ini biasanya akan membuat kesahalan-kesalahan.

 Anda juga tidak dapat membaca not balok, sehingga kemajuan musik terbatas. Tidak dapat membaca not balok – tidak akan dapat belajar music dari komposer-komposer besar, seperti Mozart, dan Beethoven. Dengan belajar musik otodidak, kapasitas belajar musik tidak akan dapat mencapai maksimum.