Skip to content

Plus Minus Piano Digital Vs Piano Akustik

Harga piano akustik pada saat pandemi naik pesat sekali . Untuk membeli piano second model U1 (upright), kita harus mengeluarkan kocek Rp 40 juta lebih. Oleh karena itu, banyak orangtua murid merasa keberatan membeli piano akustik sekarang ini.

Bisa jadi harga mahal ini disebabkan supply yang terganggu dari import – Jepang, dan supply dari lokal dari daerah tidak banyak. Seperti halnya hukum ekonomi, demand atau permintaan masih ada terus dan suppy menjual berkurang, maka itu harga jadi naik.

Piano digital mempunyai kelebihannya sendiri daripada piano akustik !

piano digital

Sebagai sekolah musik yang merekomendasikan murid untuk ujian ABRSM Exam, kami tetap yakin belajar piano ya dengan piano akustik. Tidak dengan keyboard yang jumlah tuts biasanya hanya beberapa oktaf. Selain itu, tuts dari keyboard sangat ringan atau enteng sekali, hanya dipegang saja sudah bunyi. Lain dengan piano yang harus ditekan sehingga jari lebih kuat (touch) dan legato lagu dapat diatur sehingga pemahaman lagu menjadi baik.
Kalau sudah mahal begitu bagaimana caranya untuk menyiasatinya? Kami ada advis, yaitu belilah Piano Digital. Keuntungan piano digital ini adalah:

  • Rentang tuts seperti piano akustik sehinnga murid belajar seperti menggunakan piano akustik.
  • Tuts mempunyai berat tertentu dan harus ditekan untuk menimbulkan bunyi nada. Hal ini membuat jari anak lebih kuat (daripada memakai keyboard).
  • Ada 3 pedal kaki seperti halnya piano. Suara dapat dinyaringkan (pedal kanan), dan dapat di redam (dengan pedal kiri). Teknik pedaling ini harus dikuasai oleh murid pada ujian Grade 1 ABRSM.
  • Piano digital ringan dan tidak makan tempat. Bagi yang tinggal di apartemen, mempunyai piano digital akan lebih tepat.
  • Harga piano digital dimulai dari 8 juta hingga 20 juta. Anda dapat memilih mana yang cocok dan tepat.

Meskipun tidak sama dengan piano akustik, berlatih dengan piano digital setidaknya akan mempunyai pengalaman 80% seperti bermain piano akustik. Dengan demikian, anak anda dapat terus melanjutkan ujian ABRSM dengan baik sampai grade yang lebih tinggi, yaitu ke grade 8 atau bahkan ke level Diploma.