skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

5 kebiasaan (good habit) untuk belajar MUSIK dengan efektif

 

Tiap orang tua murid mendambakan apabila anaknya  dapat belajar musik secara maksimal.  Dari kebiasaan yang kami teliti, berikut adalah 5 kebiasaan (good habit) yang perlu diketahui dan diperkenalkan kepada anak untuk belajar musik:

 

Kebiasaan baik berlatih musik1. Latihan dirumah
Latihan dirumah sesuai dengan pengararahan guru adalah resep yg jitu untuk mendapatkan kemajuan belajar. Murid hanya bertemu 1X seminggu dengan guru dan sisanya berada di rumah.  Tanpa persiapan yang baik dan datang ke sesi belajar akan banyak membuang waktu, karena materi yang sama akan diulang lagi (tidak ada kemajuan). Orangtua murid wajib untuk memonitor latihan dirumah dan bagi grade Prep – Grade 1, latihan minimum 3X seminggu selama 15-20 menit. Untuk grade yang lebih tinggi dibutuhkan waktu latihan lebih lama dan sering.

 

2. Periksa buku pelajaran yg akan dibawa
Seringkali murid berangkat ke sekolah musik dan tidak membawa buku ataupun catatan musik. Hal ini tentunya menyebabkan belajar yg tidak maksimal.

 

3. Jangan terlambat
Terlambat merupakan kebiasaan buruk bagi beberapa murid, dan ini menyebabkan pelajaran lebih singkat dari waktu yang telah ditentukan. Apabila terlambat disebabkan waktu yang bentrok dengan les atau kegiatan lainnya, sangatlah penting untuk melihat prioritas waktu belajar anak.

 

4. Belajar musik adalah proses
Belajar musik bukannya belajar trik sulap yg dapat dipelajari hanya beberapa kali pertemuan. Belajar musik adalah proses yg harus dilalui dengan sabar dan tekun. Lagu yang masih belum sempurna harus diulang, demikian pula dengan tangga nada yang harus dilakukan sebelum setiap latihan lagu dimulai.

 

5. Fokus

Banyak anak yg seringkali datang ke sesi belajar dengan keadaan “tidak fokus” karena sangat lelah dan disebabkan oleh kesibukan sekolah atau kegiatan lainnya. Apabila hal ini terjadi, memindahkan aktifitas lain ke hari berbeda adalah solusi supaya anak dapat lebih fokus sewaktu belajar musik.

 

Back To Top