Providing International Music Standard

Cara jitu membaca notasi not balok (Sight Reading) dengan cepat!

Home Page // Artikel Pendidikan // Cara jitu membaca notasi not balok (Sight Reading) dengan cepat!

posted by | on Artikel Pendidikan |

sight reading

Membaca notasi not balok adalah keahlian (sight reading skill) yang harus diasah terus setiap saat oleh murid. Bagaimana tidak, begitu kita belajar lagu baru, kemampuan membaca not balok akan mempercepat penguasaan lagu tersebut.  Dari statistik yang ada,  rata-rata murid menemui kesulitan dalam membaca not balok yang disebabkan karena mereka kurang mengetahui cara yang benar, atau guru mereka tidak tahu/kurang me-implementasikannya pada tiap sesi pengajarannya.

Berikut dibawah ini adalah tips untuk mengembangkan “skills” membaca not balok (sight reading) dengan baik:

  1. Observasi kunci (clef), tangga nada (key signature) & tanda birama (time signature).
  2. Lihat keseleruhan dari lagu untuk menemukan hal-hal yang tidak terduga, seperti: perubahan kunci, interval satu oktaf, accidental (#/þ)
  3. Hitung pulse dan ritmiknya! Rasakan pulse pada tubuh kita dengan tap, clap, pat, dan snaps! Pilihlah tempo yang tidak terlalu cepat maupun terlalu lambat! Rhythm adalah faktor yang sangat penting pada kemampuan sight reading. Karena tanpa rhythm, lagu tidak akan terbentuk dengan baik meski not benar.
  4. Nyanyikan nada dengan “la”, “ma”, “na” atau alphabet nada “C”, “D”, “E” dari setiap melodi di tangan kanan dan tangan kiri secara terpisah!
  5. Visualisasikan jari jari sedang bermain diatas tuts piano tanpa membunyikannya, letakkan jari-jari anda diatas pangkuan anda!
  6. Mainkan lagu sambil tetap menghitung dan merasakan pulse sambil mata tetap melihat ke arah partitur!
  7. Nilailah permainan anda sendiri, apakah akurat atau tidak? Bila belum, mainkan sekali lagi dalam tempo yang lebih lambat.

source: Piano Teaching Guide- Dept Pendidikan Nasional, th 2009