skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

Memainkan musik dengan indah – Playing “LEGATO”

 

Salah satu tujuan penting untuk latihan musik adalah untuk dapat memainkan musik dengan “indah”.  Untuk itu, Sekolah Musik Duta Nada sangat mementingkan murid-murid untuk dapat memainkan “legato” dengan benar.

 

memainkan musik legatoLegato adalah teknik bermain musik dengan menghubungkan not yang satu dengan yang lain, tanpa terputus (tied the nots together). Pada prinsip bermain legato, murid harus mempertahankan bunyi sebelumnya dengan rileks dan tanpa melepaskan jari pada tuts piano. Hal ini terulang pada penekanan tuts berikutnya.  Ketika tuts berikutnya ditekan, maka tuts sebelumnya harus dilepaskan, tetapi diusahakan bunyi tidak terputus.

 

Hal yang penting adalah walaupun jari sebelumnya tertahan karena harus tetap berada pada tuts, gerakan sebelumnya tidak boleh terhambat. Jadi diusahakan agar jari-jari tetap rileks daan gunakan pergerakan yang optimal, disertai dengan pergelangan tangan dan lengan sebagai satu unit. “Memainkan musik dengan indah”, adalah tujuan akhir dari suatu perjalanan yang panjang dalam belajar musik…

 

source: Panduan Mengajar Piano – Dept Pendidikan Nasional

 

Back To Top