skip to Main Content
021-5806056 DutaNada@Gmail.Com

Kunjungan Steven Dixon – ABRSM Regional Development Executive (SEA) ke Sekolah Musik Dutanada

Pada hari Rabu tanggal 28 November 2018, kami menerima kunjungan dari Mr. Steven Dixon, – ABRSM Regional Development Executive, South East Asia. Beberapa hari sebelumnya Mr. Steve menelpon langsung dan dia menanyakan apakah kami ada waktu untuk menemuinya.

Cukup kaget juga, karena ada petinggi ABRSM Royal ingin berkunjung ke sekolah musik Dutanada. Tadinya kami kira dia ingin bertemu ditempat lain, dan ternyata; dia ingin melihat sekolah musik Dutanada lokasi di Jakarta Barat.

Tujuan utama Steve berkunjung adalah guna mengumpulkan “best practices” pengajaran sekolah musik maupun guru musik yang selama ini mengirimkan murid-muridnya untuk ujian ABRSM tiap tahun. Sebagai catatan, Sekolah musik Dutanada telah mengirim murid-murid untuk ujian ABRSM sejak tahun 2005, dan ada 965 anak yang telah kami kirim pada akhir masa ujian FALL 2018 !

Untuk mencapai prestasi 70% murid lulus dengan Merit – Distinction (nilai diatas 120 dan 130 dari maksimum 150) tentu ada cara dan resepnya. Ini yang Mr Steve ingin tahu. Tiap tahun, sekolah musik Dutanada mengirim antara 70-80 murid untuk ujian dan ini adalah jumlah yang cukup banyak di catatan mereka.

Kami menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang kami lakukan selama ini dimana tidak dilakukan oleh sekolah musik lainnya, yaitu:

  • Tiap murid wajib ikut studio konser. Tiap tahun mereka mendapat opsi untuk ikut 2x
  • Tiap tahun kami ada konser musik akbar diluar dengan 2 sesi. Partisipasi biasanya bagi murid yang telah dapat bermain dengan bagus dan ada lokal kompetisinya.
  • Tiap tahun kami mengikutkan murid-murid yang dapat bermain baik ke kompetisi diluar.
  • Tiap tahun bulan July dan Januari, kepala sekolah bertemu dengan semua guru (one to one) musik untuk mendiskusikan performa portfolio mereka. Ini adalah momen yang sangat penting, karena kompetensi guru musik dalam mendidik dan memajukan murid-murid terus dimonitor sesuai dengan target sekolah musik.

Mr. Steve Dixon juga memberikan ulasan sekolah musik maupun guru-guru yang berhasil dari negara-negara lainnya dalam mendidik. Sesi ini seperti tukar pikiran dan tentunya kami memberikan input dan feedback apa yang dapat diperbaiki untuk ABRSM Examination. Diantaranya adalah untuk memperkaya video-video dan rekaman sejenisnya pada topik edukasi.

Terimakasih Mr. Steve Dixon, yang telah meluangkan waktu berkunjung di sekolah musik Dutanada dan kami tentunya kami berharap dapat terus memberikan terbaik bagi para murid pada edukasi musik.

written by: Kurnia Kwik

Back To Top