Piano Pedagogy – Bagaimana memainkan not piano dengan Artikulasi yang baik

Artikulasi adalah cara atau teknik memainkan not piano untuk membuat nada/suara yang indah. Tuts piano tidak boleh ditekan terlalu keras atau ringan, tetapi dengan lembut dan dalam. Dengan artikulasi yang baik, permainan musik akan hidup (tidak garing) dan ini adalah salah satu teknik yang murid wajib untuk mengetahuinya…

Ada beberapa teknik artikulasi yang memberikan efek suara apabila dimainkan.  Teknik-teknik tersebut seperti staccato, staccatissimo, accent, sforzando, rinforzando, legato, dan slur.   Biasanya artikulasi tertulis di partitur musik.

Di sekolah musik Dutanada, guru mempunyai tugas untuk mengajarkan artikulasi musik dengan benar. Karena hal ini sangat mempengaruhi indahnya musik.   Di ujian ABRSM, artikulasi musik sangat diperhatikan.

Singkatnya dalam bahasa Inggris sebagai berikut: Articulation is a specific way we strike a piano key to make a desired sound with that note. Many times, the desired sound or effect is a type of accent on the specific note or group of notes. Sometimes, the articulation indicates a very smooth type of sound; totally opposite from an accented articulation.

Lihat video dibawah ini dan Anda akan tahu, bagaimana pentingnya bermain musik dengan artikulasi yang benar.