Mengapa Anak Wajib Belajar Musik: 7 Alasan

  • 5 min read

Musik adalah kekuatan yang besar dalam hidup kita. Satu studi, misalnya, menemukan bahwa musik membantu anak-anak mengembangkan perasaan di ritme, penalaran spasial, dan keterampilan verbal yang lebih baik. Tetapi musik juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan anak-anak ke bahasa asing. Plus, musik dapat menjadi alat pendidikan yang penting untuk anak-anak autis. Berikut adalah 7 alasan mengapa anak-anak perlu belajar musik.

Bagaimana musik membantu anak berkembang

1. Musik dapat menenangkan seorang anak.

Satu studi, misalnya, menemukan bahwa mendengarkan musik membantu anak-anak tertidur. Bahkan, mendengarkan musik memiliki dampak langsung pada pola tidur anak. Anak-anak mempunyai pola tidur yang makin baik ketika mereka mendengarkan musik di malam hari. Ini masuk akal.

Meskipun musik adalah merupakan instrumental, musik memiliki ritme yang membuat  lebih mudah bagi anak-anak untuk “tenang”. Kebanyakan orang tua menemukan fakta bahwa mereka harus tetap meninggalkan  TV menyala, untuk membantu anak-anak mereka tertidur, tetapi jauh lebih baik jika Anda dapat mematikan TV.

Tentu saja, jangan tinggalkan musik menyala sepanjang malam jika anak-anak Anda masih belum tidur dan bermain, tapi jangan mematikannya sama sekali. Gunakan musik sebagai alat untuk membantu anak-anak tertidur.

2. Belajar musik membantu anak-anak mengembangkan rasa ritme yang lebih baik

Ritme adalah bagian penting dari musik. Mempelajari hal itu di usia muda membantu anak-anak mengembangkan keterampilan pemrosesan pendengaran. Ritme membuat suara lebih mudah didengar, lebih mudah diingat, dan lebih mudah diidentifikasi. Selain itu, ketika kita menampilkan musik, kita menggunakan ritme. Memainkan musik melalui latihan membantu kita mengembangkan rasa waktu. Musik juga memiliki kemampuan luar biasa untuk meningkatkan keterampilan motorik.

3. Memainkan alat musik atau membuat lagu dapat mengembangkan koordinasi anak dan keterampilan motorik halus.

Ritme dapat membantu anak untuk fokus dan melakukan tugas dengan baik. Ini dapat membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilan motorik visual. Musik membantu mengembangkan keterampilan pemrosesan pendengaran anak-anak.

Melalui musik, anak-anak belajar mendengar suara-suara tertentu.

belajar musik

4. Musik membantu anak-anak mengembangkan rasa penalaran spasial yang lebih baik

Pemikiran spasial mengacu pada seberapa baik kita memahami – di mana kita berada di suatu ruang. Itulah yang membantu seorang anak untuk menavigasi, menentukan jarak, dan mengevaluasi area di sekitar.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa musik dapat meningkatkan penalaran spasial dan pembelajaran pada anak-anak. Satu studi di Perancis, misalnya, menemukan bahwa mendengarkan musik tradisional lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan spasial.

Studi-studi ini menunjukkan bahwa musik adalah alat yang efektif dalam membantu anak-anak belajar bagaimana menggunakan penalaran spasial, dan yang dapat membantu mereka unggul dalam kelas yang penuh dengan isyarat visual dan konsep matematika abstrak.

Musik membantu anak-anak menjadi lebih baik dalam keterampilan verbal. Kemampuan berbicara adalah sesuatu yang harus dikembangkan semua anak agar berhasil.

5. Musik membantu anak-anak mengembangkan rasa keterampilan verbal yang lebih baik

Penelitian telah menemukan bahwa anak-anak yang mendengarkan dan belajar musik dapat dengan mudah menangkap irama, dan tata bahasa verbal. Tetapi mereka mungkin tidak melakukan ini dengan cara yang sama seperti yang dilakukan orang dewasa.

Misalnya, mereka mungkin tidak menunjukkan bukti diskriminasi ritmis sebanyak orang dewasa. Demikian pula, anak-anak yang mendengarkan musik mungkin tidak menunjukkan banyak bukti perkembangan bahasa atau pemrosesan fonologis seperti anak-anak yang tidak.

Jadi anak-anak yang biasanya tidak menggunakan bahasa atau mengingat kata-kata mereka, mungkin membuat lebih banyak kemajuan daripada teman-teman mereka ketika mereka mulai belajar bahasa baru.

Belajar musik juga membantu anak-anak menjadi pendengar yang lebih baik. Ada ide, yang dikenal sebagai “kemampuan untuk menginternalisasi musik.”Itu berarti orang dapat mendengarkan musik, dan kemudian berkonsentrasi pada irama dan melodi lagu.

6. Musik sebagai bahasa asing

Ketika orang tua membeli instrumen untuk anak mereka, orang tua berasumsi bahwa anak tersebut akan mempelajari instrumen dengan relatif mudah.

Namun, ada lebih banyak yang harus dipelajari di instrument tersebut, daripada hanya memainkan instrument, dan kemudian belajar beberapa akord.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa anak autis sangat termotivasi untuk belajar memainkan alat musik.

Anak-anak dengan autisme biasanya lebih tertarik pada aspek musik yang halus dan terperinci. Mempelajari alat musik memungkinkan anak untuk belajar kosakata baru , sambil terhubungkan secara emosional dengan musik.

Dengan kata lain, anak akan membangun koneksi dengan musik, yang jauh lebih unik daripada hanya meniru apa yang mereka dengar secara teratur.

7. Musik untuk anak autis

Belajar musik dapat membantu perkembangan motorik. Untuk anak-anak dengan autisme, mungkin sulit untuk duduk diam untuk waktu yang lama. Karena itu, pembelajaran berbasis musik membantu mereka meningkatkan keseimbangan, kontrol motorik, dan koordinasi tangan-mata.

Pelajaran musik juga dapat meningkatkan koordinasi mata-tangan, kontrol motorik, perhatian, dan bidang pengembangan lainnya.

Telah terbukti meningkatkan keterampilan Bahasa, mempelajari cara bernyanyi atau bertepuk tangan membantu anak-anak mengembangkan keterampilan membaca dan berbicara.

Keterampilan ini bisa menjadi perbedaan positif antara anak-anak yang menderita autisme dan mereka yang tidak. Sebagai contoh, satu penelitian menemukan bahwa anak-anak yang bermain musik mendapat skor lebih tinggi pada tes pengembangan bahasa. Mereka juga memiliki skor lebih tinggi pada tes lain, seperti pemahaman membaca dan matematika.

Kesimpulan

Belajar musik dan bermain musik adalah cara yang baik bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan fisik dan intelektual mereka.

Tetapi jika Anda mempertimbangkan untuk membuat anak Anda belajar instrumen, lakukanlah riset. Pastikan anak Anda memiliki sumber daya yang tepat. Pastikan untuk mempertimbangkan faktor-faktor berikut sebelum memasukkan anak Anda.

Sekolah musik Dutanada berdiri sejak 2003 dan mengacu pada sistem ABRSM Royal – London UK. Tiap tahun murid kami mengikuti ujian ABRSM, dan 70% dari mereka mendapat predikat lulus Merit & Distinction. Suatu prestasi yang dapat dibanggakan. Apabila putra-putri Anda ingin belajar musik dengan tata cara yang baik dan mempunyai seritifkasi Internasional, daftarkan mereka di sekolah musik Dutanada