Cari Guru Musik – Les Privat Vs Sekolah Musik

Apakah Anda mencari Guru Musik? Anda tentunya dapat mencari guru privat atau ke sekolah musik. Ini adalah pilihan yang Anda dapat pilih. Tapi, manakah yang lebih baik? Simak video diatas dan dibawah ini adalah caption /teks dari video.

Saya bertemu seorang calon orangtua murid dan dia bertanya kepada saya: “Apa bedanya belajar di sekolah musik dan dengan guru musik privat? Kan sama saja? kata dia.

Ada 3 hal penting yang sangat berbeda belajar di sekolah musik dibandingkan dengan guru privat.
Yang pertama. Sekolah musik mengelola guru untuk disiplin dan mengajar sesuai kurikulum.

Saya mengenal banyak guru musik privat yang kompeten, namun umumnya mereka mempunyai kelemahan dalam disiplin diri. Sebagai contoh, mereka mengajar tidak sesuai kurikulum dan hanya menuruti kemauan si anak – atau mengajarkan hal-hal yang dirasanya mudah dan tidak repot.

guru musik - les privat vs sekolah musik
Les musik dengan guru privat VS di sekolah musik. Mana yang baik?


Di kurikulum ABRSM Royal, ada bagian lagu teknik yang tidak boleh dilewatkan begitu saja, yaitu disebut lagu ETUDE. Kumpulan lagu Etude adalah lagu teknik untuk memperbaiki jari dan cara bermain murid. Memang lagu Etude kadang membosankan, karena ada bagian lagu yang diulang-ulang. Namun koleksi lagu ini ini penting untuk diajarkan.

Yang kedua, sekolah musik memberikan target kemajuan murid dari tahun ke tahun, dan didiskusikan dengan guru tiap semester.


Sekolah musik dutanada memeriksa hasil rapot dan memeriksa kemajuan murid sebagai berikut:
-Apakah tiap tahun mengikuti ujian? Karena ujian paling lama boleh absen hanya 2 tahun.
-Apakah murid mengikuti konser dan mempunyai video permainan di Youtube? Dua aktifitas permainan musik ini sangat penting, lebih-lebih pada saat pandemi.

Beda dengan Guru privat. Mereka tidak ada yang membimbing dan berjalan sendiri-sendiri. Maka itu, standar dari satu guru ke guru lain akan sangat berbeda.

Yang ke tiga. Sekolah musik mengetahui tingkat kompetensi tiap guru musik – karena sebelum masuk ada audisi, dimana guru harus memperlihatkan kemampuan bermain alat musik. Disinilah sekolah musik memberikan peran filtering atau pemilihan sampai grade berapa tiap guru boleh mengajar. Apabila belajar dengan guru privat, tentunya Orangtua murid tidak mengetahui kompetensi guru tersebut.

Nah, anda sudah mengetahui 3 perbedaan belajar di sekolah musik atau ke guru privat. Dan hati-hati, tidak semua sekolah musik mempunyai standar seperti di sekolah musik dutanada. Untuk itu, banyak bertanya, dan mengetahui kualitas adalah hal penting yang dilakukan. Kalau tidak, Anda sudah membuang waktu anak anda untuk belajar musik.